Senin, 28 Januari 2013

“Berkah Shalat Subuh Berjama’ah”




Ingin mengetahui kualitas keislaman suatu kota? Lihatlah Jama’ah Shalat Subuhnya.
Orang-orang yahudi akan takut kepada Ummat Islam bila semuanya telah menegakkan sholat subuh berjama’ah. (Al-Hadits)
Betapa indahnya suara Nabi Daud sampai-sampai saat beliau mengisi suatu majlis, burung-burung pun sebagian mati. Karena lupa makan menikmati indahnya suara Nabi Daud dalam membaca Al-Qur’an.


Berkah Shalat Shubuh :
Do’a Keberkahan dari Rasulullah SAW HR Tirmidzi :
“Allaahumma Baarik Liummatii fii bukuurihim”.
(Yaa Allah, berkahilah ummatku diawal paginya).
Berkah : Manfaat
Dibalik shalat subuh berjama’ah ada berkah dan di balik setiap berkah ada manfaat. Maka rebutlah setiap berkah itu, setelah itu hindarilah tidur setelah shalat subuh.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِيْ جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، كَانَتْ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ، تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ
Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidziy no.591)
Sebenarnya seorang mukmin telah mendapatkan keberkahan dan energi serta kekuatan-kekuatan diwaktu pagi saat ia mengisi paginya dengan dzikir pagi dan petang.
Cobalah anda mendalami makna dari setiap dzikir-dzikir tersebut dari sisi motivasinya, maka Insya Allah anda akan kuat penuh energi dari Allah dalam menghadapi segala aktivitas pagi itu. Bahkan anda lebih kuat dibanding orang-orang yang tidak berdzikir pagi yang hanya berbekal bubur ayam sarapannya.

Diantara Teladan dari Nabi SAW yaitu selalu melepaskan pasukan tempurnya diawal pagi. Shakhr Al-Ghamidy adalah salah seorang pedagang kaya raya yang selalu mengutus kafilah dagangnya diawal pagi.
Puncak tertinggi kadar Gas Ozon untuk Ozonisasi sel-sel otak ada pada waktu Subuh. Semakin siang, semakin menghilang gas ozon yang dibutuhkan otak manusia.
Menggapai Berkah Shalat Subuh;
Waktu shalat subuh adalah waktu bertemunya para Malaikat dan mereka semuanya berkumpul menyaksikan orang-orang yang shalat subuh berjama’ah. QS. Al-Isra’(17) : 78
“Laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan laksanakan pula shalat Subuh. Sungguh
Ada orang-orang tertentu yang akan menyaksikan 6 Malaikat yang memboyong ‘Arsy Allah…
Kisah Nabi SAW ketika ke Thaif, berharap mendapatkan pertolongan. Namun rupanya beliau disambut oleh bebatuan yang yang dilemparkan ke wajah Nabi hingga berdarah-darah. Malaikat Jibril pun menghampiri beliau, seraya berkata : Apakah perlu gunung itu saya timpakan kepada seluruh masyarakat Thaif? Nabi dengan tenang menjawab; “Sesungguhnya mereka adalah kaum yang tidak mengetahui apa-apa.
Dari sinilah Nabi menyadari bahwa para Malaikat pun siiap memberikan pertolongan kepadanya. Maka baliklah Nabi SAW dengan keyakinan penuh kepada Ummatnya.
Inilah ujian awal Nabi SAW di ‘Aamul Huzn (Tahun Kesedihan) setelah Nabi ditinggal mati Istri dan Paman tercinta.
Peristiwa Kemenangan dalam Perang Badar menjadi salah satu bukti kekuatan Nabi SAW dan Para Sahabat Ridhwaanullahi ‘Alaihim yang penuh Full Power. Tidak ada kemenangan kecuali datangnya dari Allah SWT.
Utsman bin’Affan mendengar Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang melaksanakan shalat Isya berjama’ah dan shalat subuh berjama’ah maka pahalanya terhitung seperti telah melaksanakan shalat Tahajjud sepanjang malam.
Al-Hadits


Shalat subuh dan shalat Isya adalah shalat terberat bagi orang-orang Munafiq. Kalau seandainya orang-orang munafiq itu tahu keutamaan 2 shalat ini maka mereka akan mendatanginya walau harus dalam keadaan merangkak. (Al-Hadits)
Fadhilah shalat subuh lainnya adalah : orang yang melaksanakan shalat subuh berjama’ah maka ia berada dalam jaminan Allah SWT. HR Muslim.
Betapa buruknya masyarakat yang tidak tegakkan shalat subuh berjama’ah.
Beberapa masjid diindonesia yang bisa menjadi contoh Penegak Shalat Subuh berjama’ah di masjid, diantaranya adalah :
Masjid Baitul Makmur Bali, yang jama’ah subuh mencapai 1700 jama’ah, masjid yang berkapasitas 3000 jama’ah itu juga menyiapkan sarapan pagi berupa the dan roti khusus di hari Ahad Pagi.
Juga Masjid Jogokarian di jogja dibawah pimpinan Ust Jazir.
Tanya Jawab ;
Mengenai adzab kaum Luth yang diadzab Allah pada waktu subuh?
Adzab tersebut tetap merupakan siksaan bagi mereka bukan berkah.
Ini merupakan contoh bagi mereka yang tidak mencari berkah pagi dengan melaksanakan shalat subuh berjama’ah. WAllaahu A’lam.
Mengenai shalat Isyraq?
Shalat Isyraq, menurut Syaikh Utsaimin adalah shalat yang dikerjakan setelah matahari meninggi satu tombak, sekitar lima belas menit setelah matahari terbit. Disebut demikian karena dikerjakan sesudah terbitnya matahari. Menurut Syaikh Utsaimin, Syaikh Ibnu Bazz, dan lainnya adalah Shalat Isyraq termasuk Shalat Dhuha itu sendiri. Karena Shalat Dhuha dikerjakan sesudah matahari terbit dan meninggi satu tombak, -sekitar 15 sampai 20 menit sesudah terbit- sampai matahari mendekati dipertengahan, -sekitar 10 menit sebelum di pertengahan-.
Fatwa Syeikh Utsaimin : Ringkasnya, dua rakaat Dhuha adalah dua rakaat Isyraq, tapi dua rakaat itu dikerjakan di awal waktu, yakni setelah matahari naik satu tombak, maka itu disebut Shalat Isyraq dan Shalat Dhuha. Dan jika diakhirkan sampai akhir waktu, maka disebut Shalat Dhuha, bukan Shalat Isyraq. (Majmu’ Fatawa wa Rasail, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin: Jilid ke 14, Bab: Shalat Thathawwu’).
WAllaahu A’lam Bishsowaab…
Usbezc Ambones — at AQL Islamic Center – Tebet Utara I No.40


1 komentar:

  1. "Orang-orang yahudi akan takut kepada Ummat Islam bila semuanya telah menegakkan sholat subuh berjama’ah. (Al-Hadits)"

    itu bukan al hadits

    https://www.islampos.com/pengakuan-tentara-israel-soal-kehancuran-bangsa-yahudi-125404/

    jaman nabi mah subuh penuh terus, kecuali munafiquun... :)

    BalasHapus